Posted on Leave a comment

Apa itu Kain Spunbond ?

Beberapa pekan ini kita digemparkan dan diramaikan oleh pencarian kain spunbond, baik itu untuk masker ataupun APD baju hazmat.

Apa Itu Bahan/Kain Spunbond ?

Apa itu bahan kain spunbond? Kain ini banyak digunakan di kehidupan sehari-hari dan dunia industri contohnya, di kemasan produk makanan ataupun non-makanan. Selain digunakan untuk kemasan, kain ini bisa digunakan untuk kebutuhan lain, seperti pengganti tas plastik. Untuk lebih jelas simak pembahasan karakteristik, manfaat dan jenis kain spunbond berikut ini!

Karakteristik Dan Manfaat

Apa itu bahan kain spunbond?

Kain spunbond adalah salah satu jenis kain furing sintesis atau disebut pur kertas, kain kapas. Umumnya bertekstur kaku, serat rapat, halus sehingga cukup kuat dijadikan pembungkus.

Selain dijadikan kemasan produk, kain Spunbond bisa dimanfaatkan menjadi tas belanja (shooping bag, goodie bag), wallpaper dinding, buket bunga dan lain sebagainya. Harganya cukup murah dan memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jenis kain lain.

1.Tahan Lama

Dari segi kualitas, kain Spunbond lebih baik dibandingkan plastik dan lebih tahan lama. Karakteristiknya berserat rapat dan kaku. Memiliki daya tahan tinggi terhadap bahan kimia, terhadap panas hingga suhu 140 derajat celcius.

2. Sebagai Media Promosi

Karena memiliki sifat yang kaku dan berserat rapat banyak yang memanfaatkan tas ini sebagai sarana promosi bisnis/produk dengan cara disablon atau printing. Tersedia beragam pilihan warna yang menarik.

3. Bisa di Daur Ulang

Kain ini termasuk jenis kain yang banyak dicari karena bisa digunakan sebagai pembungkus apapun. Dan bisa digunakan berulang kali.

4. Mudah Dibersihkan

Bahan dasar kain spunbord yaitu polypropylene atau biji plastik yang karakteristiknya mudah dibersihkan. Tekstur permukaan kain sangat halus seperti permukaan lapisan plastik.

5. Ramah Lingkungan

Walaupun bahan dasarnya terbuat dari biji plastik namun berdasarkan uji coba di laboratorium ternyata proses penguraian oleh tanah sangat mudah, sehingga jika digunakan dalam waktu yang lama masih aman.

Spunbond merupakan bahan kain yang higienis, anti bakteri dan virus. Hal ini terbukti dengan digunakannya dalam dunia kesehatan, seperti: masker, pampers disposable dan tutup kepala.

Jenis-Jenis Kain Spunbond

Kain Spunbond dibuat melalui proses mekanik, proses kimia atau termal. Memiliki ketebalan yang beragam, mulai dari 25 gr hingga 100 gr. Semakin besar ketebalannya maka kain ini semakin kuat dan tebal. Berdasarkan ketebalannya, spunbond dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. 25 gr – 50 gr, merupakan jenis kain yang paling tipis. Biasanya digunakan untuk pembungkus produk atau pembungkus tas, produk wanita saat pertama kali beli. Harganya lebih murah dibandingkan dengan spunbond dengan ketebalan di atasnya.
  2. 55 gr – 75 gr, merupakan jenis kain yang banyak ditemukan dipasaran. Biasanya digunakan untuk kebutuhan promosi atau goodie bag. Tekstur dan ketebalannya yang sedang. Membuat lebih gampang dijahit dan dijadikan beragam model tas atau dikombinasikan dengan jenis kain lain.
  3. 100 gr, merupakan jenis kain yang paling tebal. Tekstur dan ketebalannya yang tinggi memungkinkan untuk membawa barang yang agak berat. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan kedua jenis sebelumnya.

Meskipun masuk ke dalam jenis kain murah, namun kain ini termasuk jenis kain yang banyak dicari. Karena sesungguhnya kain ini memiliki manfaat yang tidak terbatas dan seiring waktu, semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan kesadaran bahaya menggunakan kemasan plastik maka semakin banyak masyarakat yang memilih menggunakan tas dengan bahan spunbond. Namun Anda jangan khawatir kehabisan karena proses produksi kain ini cepat dan mudah maka ketersediaan produk di pasaran terjamin.

Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan mengenai apa itu bahan kain spunbond dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *