Posted on 4 Comments

Bagaimana Memulai Bisnis Jilbab ?

Memulai bisnis jilbab itu gampang-gampang susah. Gampang karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu bany, susah karena kompetisi atau persaingan sudah sangat banyak (red ocean).

Maka dari itu banyak yang bertanya-tanya, bagaimana step by step untuk memulai, agar tidak salah langkah atau merugi.

Berikut ini adalah langkah-langkah memulai bisnis jilbab,

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Produksi (Production)
  3. Peluncuran (Launching)
  4. Penstabilan (Stabilizing)
  5. Peningkatan (Scale-Up)

Ya, terdapat 5 (lima) langkah-langkah dalam memulai bisnis jilbab,

1. Perencanaan

Langkah yang paling awal adalah perencanaan atau planning, disini kita menyiapkan semuanya. Mulai dari analisa market (market analysis), analisa segmen, analisa branding, pendefinisian pelanggan, dan lainnya.

2. Produksi

Langka kedua adalah membuat produk atau memproduksinya. Di tahap ini memulai penentuan desain apa yang mau kita produksi (apakah jilbab segi empat, bergo, pashmina, jilbab instan, khimar), dari penentuan itu dilanjutkan dengan memilih kain atau bahan yang sesuai. Kemudian mencari penjahit atau konveksi yang cocok. Jangan lupa membuat perjanjian kerja sama dengan konveksi agar hasil anda bisa memuaskan. Pada langkah produksi ini pula kita harus menentukan berapa harga jual yang cocok dengan produk kita. Disesuaikan dengan HPP (harga pokok produksi), segmen pelanggan yang kita ambil, dan lainnya.

3. Peluncuran

Langkah ketiga adalah peluncuran produk. Anda harus mempunyai media sosial (Instagram, Facebook, dan lainnya). Dan agar memudahkan juga anda harus punya akun marketplace (shopee, tokopedia, dan lainnya). Jika anda mempunyai budget lebih, tak salah membuat website sendiri. Dengan nama domain nya langsung bisnis anda.

4. Penstabilan

Langkah keempat adalah penstabilan. Anda harus make sure bisnis anda bisa bertahan, minimal dalam 3 bulan awal. Karena hal tersebut adalah salah satu tantangan dalam bisnis fashion. Mulai dari menata customer service, mencoba iklan atau bermain di dunia digital marketing, pencatatan keuangan harus rapi, dan lainnya.

5. Peningkatan

Langkah terakhir adalah peningkatan atau scale up. Ketika goal dari proses penstabilan (3 bulan awal) terpenuhi, maka anda harus memulai untuk scaling up the business. Dengan mulai memikirkan membuat badan usaha, membuat rantai distribusi (reseller, agen, dan lainnya), dan muara terakhir yaitu ekspor.

5 (lima) langkah diatas adalah step by step sederhana dan gambaran umum dari memulai bisnis jilbab ataupun bisnis usaha fashion muslim lainnya seperti gamis, mukena, koko, dan lainnya.

Untuk lebih detailnya, anda bisa mengikuti workshop official kami “Meraih 100 Juta Pertama Pada Bisnis Fashion-Muslim” yang kita selenggarakan 3 (tiga) kali dalam satu tahun.

Good Luck!

 

4 thoughts on “Bagaimana Memulai Bisnis Jilbab ?

  1. Terimakaaih atas ilmunya

    1. sama-sama ibu.

      Semoga bisnis nya semakin berkah.

  2. Sangat bermanfaat ilmu nya

    1. MasyaAllah, semoga Allah memberkahi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *