Posted on 2 Comments

Bagaimana Memulai Bisnis Jilbab ?

Memulai bisnis jilbab itu gampang-gampang susah. Gampang karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu bany, susah karena kompetisi atau persaingan sudah sangat banyak (red ocean).

Maka dari itu banyak yang bertanya-tanya, bagaimana step by step untuk memulai, agar tidak salah langkah atau merugi.

Berikut ini adalah langkah-langkah memulai bisnis jilbab,

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Produksi (Production)
  3. Peluncuran (Launching)
  4. Penstabilan (Stabilizing)
  5. Peningkatan (Scale-Up)

Ya, terdapat 5 (lima) langkah-langkah dalam memulai bisnis jilbab,

1. Perencanaan

Langkah yang paling awal adalah perencanaan atau planning, disini kita menyiapkan semuanya. Mulai dari analisa market (market analysis), analisa segmen, analisa branding, pendefinisian pelanggan, dan lainnya.

2. Produksi

Langka kedua adalah membuat produk atau memproduksinya. Di tahap ini memulai penentuan desain apa yang mau kita produksi (apakah jilbab segi empat, bergo, pashmina, jilbab instan, khimar), dari penentuan itu dilanjutkan dengan memilih kain atau bahan yang sesuai. Kemudian mencari penjahit atau konveksi yang cocok. Jangan lupa membuat perjanjian kerja sama dengan konveksi agar hasil anda bisa memuaskan. Pada langkah produksi ini pula kita harus menentukan berapa harga jual yang cocok dengan produk kita. Disesuaikan dengan HPP (harga pokok produksi), segmen pelanggan yang kita ambil, dan lainnya.

3. Peluncuran

Langkah ketiga adalah peluncuran produk. Anda harus mempunyai media sosial (Instagram, Facebook, dan lainnya). Dan agar memudahkan juga anda harus punya akun marketplace (shopee, tokopedia, dan lainnya). Jika anda mempunyai budget lebih, tak salah membuat website sendiri. Dengan nama domain nya langsung bisnis anda.

4. Penstabilan

Langkah keempat adalah penstabilan. Anda harus make sure bisnis anda bisa bertahan, minimal dalam 3 bulan awal. Karena hal tersebut adalah salah satu tantangan dalam bisnis fashion. Mulai dari menata customer service, mencoba iklan atau bermain di dunia digital marketing, pencatatan keuangan harus rapi, dan lainnya.

5. Peningkatan

Langkah terakhir adalah peningkatan atau scale up. Ketika goal dari proses penstabilan (3 bulan awal) terpenuhi, maka anda harus memulai untuk scaling up the business. Dengan mulai memikirkan membuat badan usaha, membuat rantai distribusi (reseller, agen, dan lainnya), dan muara terakhir yaitu ekspor.

5 (lima) langkah diatas adalah step by step sederhana dan gambaran umum dari memulai bisnis jilbab ataupun bisnis usaha fashion muslim lainnya seperti gamis, mukena, koko, dan lainnya.

Untuk lebih detailnya, anda bisa mengikuti workshop official kami “Meraih 100 Juta Pertama Pada Bisnis Fashion-Muslim” yang kita selenggarakan 3 (tiga) kali dalam satu tahun.

Good Luck!

 

Posted on Leave a comment

5 Cara Mencegah Bau Pada Jilbab

Jilbab adalah kebutuhan wajib para muslimah, tak ayal menjadi suatu keharusan bagi para muslimah untuk mengetahui bagaimana cara maintanance, atau merawatnya.

Terutama terkait masalah aroma jilbab tersebut untuk selalu fresh.

Berikut 5 (lima) cara mencegah bau tidak sedap pada jilbab.

1. Mengganti jilbab setiap hari

Mungkin karena menyukai atau favorit di salah satu jenis jilbab dan warnanya, tak sedikit wanita yang enggan mengganti jilbab setiap hari, terkadang hanya disemprot parfum kemudian dipakai di hari berikutnya. Hal ini sangat beresiko untuk mengundang bau tidak sedap pada jilbab kita. Maka dari itu pastikan anda mempunya cadangan jilbab yang lain sebagai pengganti.

2. Gunakan pembilas & pewangi ketika mencuci

Cara mencucinya juga tidak sembarangan, untuk jenis voal, sebisa mungkin jangan sampai masuk ke dalam mesin cuci, artinya lebih baik dicuci pakai tangan. Jangan lupa gunakan pembilas plus pewangi agar menjadikan jilbab kita harum.

3. Menjemur di jemuran yang terkena angin

Proses setelah mencuci adalah menjemur, jangan sampai kita menjemur di ruangan tertutup, karena potensi menjadikan jilbab kita bau akan lebih besar. Jangan sampai juga terkena langsung dengan sinar matahari, karena bisa menyebabkan mudah kusam. Maka dari itu pilih jemuran yang sejuk, agar sirkulasi udara pada kain bisa lancar dan bau pun pergi.

4. Selalu rutin mencuci rambut / keramas

Cara berikutnya adalah kembali ke user atau pemakainya. Rutinlah untuk mencuci rambut / keramas, terutama bagi kita yang mempunyai aktivitas yang cukup berat (berkeringat). Karena keringat bercampur bakteri akan langsung berpadu menjadikan bau yang cukup menyengat pada jilbab kita, apalagi dengan kain yang mempunyai banyak kandungan polyesternya.

5. Pastikan rambut kering ketika memakai jilbab

Untuk cara pemakaian jilbab, jangan sampai ketika rambut kita masih basah. Terutama bagi para wanita karir, yang pagi buta sudah harus cepat-cepat berangkat kerja, gunakan hair dryer atau cucilah rambut anda sebelum anda tidur. Jadi ketika pagi hari, bisa seketika tidak menunggu rambut anda kering.

Itulah beberapa cara agar jilbab yang kita pakai tetap segar dan menghadirkan kesan bersih kepada siapapun orang yang bertemu kita, semoga bermanfaat.

Posted on Leave a comment

[WORKSHOP] Meraih 100 Juta Pertama Pada Bisnis Fashion-Muslim (BATCH 3)

Alhamdulillah, setelah sukses menggelar workshop “Meraih 100 Juta Pertama Pada Bisnis Fashion-Muslim” pada batch 1 dan batch 2, kali ini kami akan menggelar Batch 3 dengan format online, dikarenakan pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jangan khawatir, workshop online ini akan tetap interaktif, menarik dan insightfull.

Menggunakan aplikasi Zoom dan Miro agar interaksi kami dengan para peserta tetap komunikatif.

Yuuk, daftarkan diri anda dengan menghubungi kami di 081333222960

Posted on Leave a comment

Review Kain Baby Corduroy

Kain Baby Corduroy atau Corduroy adalah kain yang sangat unik, yaitu mempunyai garis-garis yang dalam pada tekstur nya.

Kain ini cukup tebal namun tetap nyaman di pakai dan menyerap keringat,

Dahulu kain ini ditujukan untuk kemeja, jaket, bawahan bahkan beberapa dipakai untuk bahan sepatu, namun dengan naik daunnya bisnis fashion muslim, kain ini sekarang dipakai juga sebagai bahan untuk gamis.

Di tokokainmurah.com kain ini di jual dengan harga yang cukup terjangkau.

LIHAT HARGA KAIN COURDUROY

 

Posted on Leave a comment

Apa Perbedaan Diamond Georgette & Diamond Italiano?

Ya, sering kali pertanyaan tersebut terlontar kepada kami dari customer.

Isu diluar sana adalah bahwa Diamond yang paling bagus adalah Diamond Italiano?

Benarkah demikian?

Jawabannya adalah : BELUM TENTU

Yupp, beberapa tahun silam (mungkin sekitar tahun 2013 – 2015) Diamond menjadi primadona bagi produsen-produsen jilbab untuk menjadikannya jilbab instan, pashmina dan juga bergo.

Dahulu hanya dikenal dengan nama Diamond, namun seiiring berjalannya waktu, muncul label-label seperti Diamond Georgette hingga Italiano. Dan entah isu darimana yang menyimpulkan bahwa Diamond Italiano adalah Diamond dengan kualitas paling baik.

Namun kenyataannya, kualitas dengan menyebutkan nama Diamond xxx, tak seperti prediksi. Terkadang Diamond yang tidak ada embel-embel nama belakang, juga mempunyai kualitas ori.

Terus bagaimana menentukan bahwa Diamond yang akan kita beli adalah kualitas ori ?

Jawabannya bisa dari HARGA, PERNYATAAN OWNER TOKO DAN JUGA HANDFEEL.

Untuk lengkapnya anda bisa baca artikel ini

Posted on Leave a comment

Apa itu Kain Spunbond ?

Beberapa pekan ini kita digemparkan dan diramaikan oleh pencarian kain spunbond, baik itu untuk masker ataupun APD baju hazmat.

Apa Itu Bahan/Kain Spunbond ?

Apa itu bahan kain spunbond? Kain ini banyak digunakan di kehidupan sehari-hari dan dunia industri contohnya, di kemasan produk makanan ataupun non-makanan. Selain digunakan untuk kemasan, kain ini bisa digunakan untuk kebutuhan lain, seperti pengganti tas plastik. Untuk lebih jelas simak pembahasan karakteristik, manfaat dan jenis kain spunbond berikut ini!

Karakteristik Dan Manfaat

Apa itu bahan kain spunbond?

Kain spunbond adalah salah satu jenis kain furing sintesis atau disebut pur kertas, kain kapas. Umumnya bertekstur kaku, serat rapat, halus sehingga cukup kuat dijadikan pembungkus.

Selain dijadikan kemasan produk, kain Spunbond bisa dimanfaatkan menjadi tas belanja (shooping bag, goodie bag), wallpaper dinding, buket bunga dan lain sebagainya. Harganya cukup murah dan memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jenis kain lain.

1.Tahan Lama

Dari segi kualitas, kain Spunbond lebih baik dibandingkan plastik dan lebih tahan lama. Karakteristiknya berserat rapat dan kaku. Memiliki daya tahan tinggi terhadap bahan kimia, terhadap panas hingga suhu 140 derajat celcius.

2. Sebagai Media Promosi

Karena memiliki sifat yang kaku dan berserat rapat banyak yang memanfaatkan tas ini sebagai sarana promosi bisnis/produk dengan cara disablon atau printing. Tersedia beragam pilihan warna yang menarik.

3. Bisa di Daur Ulang

Kain ini termasuk jenis kain yang banyak dicari karena bisa digunakan sebagai pembungkus apapun. Dan bisa digunakan berulang kali.

4. Mudah Dibersihkan

Bahan dasar kain spunbord yaitu polypropylene atau biji plastik yang karakteristiknya mudah dibersihkan. Tekstur permukaan kain sangat halus seperti permukaan lapisan plastik.

5. Ramah Lingkungan

Walaupun bahan dasarnya terbuat dari biji plastik namun berdasarkan uji coba di laboratorium ternyata proses penguraian oleh tanah sangat mudah, sehingga jika digunakan dalam waktu yang lama masih aman.

Spunbond merupakan bahan kain yang higienis, anti bakteri dan virus. Hal ini terbukti dengan digunakannya dalam dunia kesehatan, seperti: masker, pampers disposable dan tutup kepala.

Jenis-Jenis Kain Spunbond

Kain Spunbond dibuat melalui proses mekanik, proses kimia atau termal. Memiliki ketebalan yang beragam, mulai dari 25 gr hingga 100 gr. Semakin besar ketebalannya maka kain ini semakin kuat dan tebal. Berdasarkan ketebalannya, spunbond dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. 25 gr – 50 gr, merupakan jenis kain yang paling tipis. Biasanya digunakan untuk pembungkus produk atau pembungkus tas, produk wanita saat pertama kali beli. Harganya lebih murah dibandingkan dengan spunbond dengan ketebalan di atasnya.
  2. 55 gr – 75 gr, merupakan jenis kain yang banyak ditemukan dipasaran. Biasanya digunakan untuk kebutuhan promosi atau goodie bag. Tekstur dan ketebalannya yang sedang. Membuat lebih gampang dijahit dan dijadikan beragam model tas atau dikombinasikan dengan jenis kain lain.
  3. 100 gr, merupakan jenis kain yang paling tebal. Tekstur dan ketebalannya yang tinggi memungkinkan untuk membawa barang yang agak berat. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan kedua jenis sebelumnya.

Meskipun masuk ke dalam jenis kain murah, namun kain ini termasuk jenis kain yang banyak dicari. Karena sesungguhnya kain ini memiliki manfaat yang tidak terbatas dan seiring waktu, semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan kesadaran bahaya menggunakan kemasan plastik maka semakin banyak masyarakat yang memilih menggunakan tas dengan bahan spunbond. Namun Anda jangan khawatir kehabisan karena proses produksi kain ini cepat dan mudah maka ketersediaan produk di pasaran terjamin.

Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan mengenai apa itu bahan kain spunbond dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Posted on Leave a comment

Program Strategis Kementrian Ekonomi Kreatif

Kehidupan berbisnis dalam ekonomi kreatif (termasuk fashion) tak lepas dari kebijakan pemerintah.

Maka dari itu butuh dukungan dan kebijakan-kebijakan yang lebih memihak kepada industri ekonomi kreatif dalam negeri.

Alhamdulillah, terdapat beberapa program-program yang cukup strategis untuk periode ke-2 Presiden Joko Widodo ini,

Silahkan lihat detailnya DISINI

Posted on Leave a comment

Jasa Print Kain dan Cutting Laser (All In)

Sejak kami meluncurkan jasa print kain dan cutting laser sebulan yang lalu, banyak sekali harapan para pelanggan yang sekalian bisa ALL IN atau semuanya, jadi pelanggan tinggal jual saja. Termasuk sudah dikasih label brand masing-masing

Maka dari itu, kami meluncurkan paket ALL IN 

Berikut price list atau daftar harga yang bisa anda unduh. Untuk memulai petualangan anda pada bisnis fashion-muslim.

Selamat mencoba !

UNDUH PRICE LIST

Posted on Leave a comment

Kain Rayon – Karakteristik Dan Kegunaan

Proses pembuatan kain rayon hampir sama dengan kain katun, namun karakteristiknya berbeda karena rayon bukan dari serat alami. Dikenal dengan sebutan sutra buatan di industri tekstil atau disebut viskosa.

Bahan dasar rayon adalah dari serat hasil regenerasi selulosa. Selulosa berasal dari dinding sel tumbuhan. Tapi ada juga rayon yang berasal dari pulp kayu yang sudah dilarutkan. Kain ini termasuk jenis kain yang disukai karena termasuk jenis kain sintesis yang pertama dibuat oleh manusia.

Karakteristik Rayon

Untuk mengetahui kain rayon ketahui terlebih dahulu karakteristiknya yang menjadi pembeda dengan jenis kain lainnya.

  1. Mengandung unsur karbon, oksigen dan hydrogen.
  2. Memiliki kilau yang tinggi.
  3. Tekstur permukaannya halus dan lembut.
  4. Licin sehingga jika dilihat sekilas mirip kain sutra.
  5. Daya serapnya tinggi mirip dengan kain katun.
  6. Jika dibandingkan bahan lain, rayon lebih mudah terbakar.
  7. Retensi rayon sangat rendah, jadi agak sulit dibentuk kembali seperti ke bentuk semula.
  8. Tidak mudah kusut.
  9. Proses pewarnaannya lebih mudah, sehingga warna yang dihasilkan sangat cerah.

Kegunaan Rayon

  • https://cff2.earth.com/uploads/2018/06/19134141/Deforestation-for-fashion-The-cost-of-rayon.jpg

Kain rayon banyak digunakan dalam industri tekstil, muncul dalam bentuk tenun maupun rajutan. Kain ini dijadikan alternatif menggantikan sutra untuk pembuatan gaun/dress. Rayon juga digunakan untuk pelapis atua pelengkap rumah tangga dan produk kesehatan wanita. Untuk lebih jelas berikut kegunaan rayon dalam kehidupan:

  • Produk pakaian, seperti blus, kemeja, jaket, daster, pakaian olahraga, pakaian dalam, kaus kaki, topi, pelapis sepatu, dasi, dan lainnya. Dan yang lagi ramai digunakan sebagai mukena.
  • Pelapis dan pelengkap perabotan rumah tangga, seperti: horden, sprei, pelapis tempat duduk, selimut, dan lainnya.
  • Dalam industri, kain rayon digunakan sebagai bahan produk perabotan rumah tangga, benang ban, atau produk medis.
  • Digunakan untuk produk lainnya seperti: produk kesehatan wanita (pembalut), handuk, popok

Kelebihan Dan Jenis-Jenis Rayon

Dari karakteristik rayon yang sudah kita bahas di atas, dapat diketahui apa yang menjadi kelebihan kain ini dibandingkan dengan bahan lainnya, seperti: lembut, daya serap tinggi, warna cerah dengan pilihan yang beragam, harganya murah dan pilihan jenis rayon.

Di pasaran kita bisa menemukan banyak jenis rayon, seperti: rayon spandek, jerse dan polyester dengan karakteristik atau ciri-ciri yang membedakannya. Berikut penjelasannya!

Rayon Spandek

Ciri-cirinya memiliki warna yang cerah, lembut, fleksibel dan mudah direnggangan. Biasanya digunakan untuk pakaian olahraga, kerudung dan kaos.

Rayon Polyester

PE atau Polyester adalah jenis rayon yang dihasilkan dari campuran serat polyester dengan serat rayon. Formula keduanya menghasilkan tingkat gramasi yang istimewa.

Rayon Crinkle

Ciri-ciri rayon yang satu ini adalah tekstur permukaannya tidak rata, berkerut seperti kulit jeruk. Lembut, dingin, tidak tipis dan tidak tebal.

Selain kelebihan, kain ini juga memiliki kekurangan yang harus diketahui, seperti: bahannya licin, muda kusut, baunya agak menyengat, warnanya mudah luntur, agak susah dibuat busana, tipis dan mudah terbakar.

Demikian informasi mengenai karakteristik, kegunaan dan jenis-jenis kain rayon. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan khususnya seputar kain yang populer/digunakan di industri tekstil.