Posted on Leave a comment

Waktu Terbaik Untuk Posting di Internet

Internet saat ini adalah lahan basah yang dimiliki oleh semua entrepreneur, mulai dari aktivitas marketing, sales, bahkan production. Banyak media menjadi sarana untuk melakukan aktivitas tersebut. Mulai dari website, blog, sosial media bahkan marketplace.

Maka dari itu penting untuk para entrepreneur, terutama Fashion Preneur mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting konten-konten marketing mereka, berikut waktu yang tepat menurut kami.

Best Time
Posted on Leave a comment

Survey Workshop “How to start to be Muslim-Fashion-Preneur”

workshop

Untuk mewadahi keinginan para calon pengusaha fashion, terutama yang akan bergerak di Muslim-Wear (Jilbab, Khimar, Gamis, dan lainnya), maka dari itu CEO kami berencana akan mengadakan 1 Day Workshop mengenai step by step memulai bisnis fashion muslim.

Maka dari itu kami ingin men-survey mengenai seberapa penting seminar / workshop ini akan digelar.

Jika anda tertarik untuk mengikuti workshop tersebut, silahkan isi form di bawah ini.

Posted on 3 Comments

Mengapa Anda Harus Memulai Bisnis Fashion Sekarang ?

“Saya lagi mau bisnis hijab online pak”

“Saya bulan depan rencana mau buka bisnis fashion pak”

“Saya lagi mencari bahan baku untuk rencana bisnis gamis setelah lebaran”

Dan statement-statement harapan lainnya.

Itulah yang sering kali Admin kami hadapi, curhatan-curhatan para calon pebisnis fashion, terutama bisnis Muslim-Wear, mereka masih ragu untuk mengeksekusi bisnisnya saat ini juga. Padahal secara data dan fakta sekaranglah saat yang sangat tepat untuk memulai bisnis fashion ini. Kenapa?

Fashion adalah kategori favorit belanja online

Data Belanja Online Nasional

Betul, menurut statistik yang dikeluarkan oleh databoks, fashion adalah kategori terlaris dan terfavorit para shopaholic ketika mereka berselancar di puluhan marketplace atau online shop yang ada di negeri ini, mengalahkan kategori-kategori lainnya.

Bisa memulai dengan modal 0 rupiah

Tidak percaya?, sudah banyak sekali buktinya, mungkin anda yang kuper, hahaha 😜. Caranya bagaimana? Salah satunya hanya dengan memulai menjadi agen, reseller, marketer pada produk-produk yang secara brand sudah di level nasional. Loh, bukannya harus beli produknya dulu ya?, Ada kok yang gratis tanpa biaya 😉

Realisasi Mimpi

Iya, banyak sekali yang bermimpi untuk menjadi pengusaha, atau minimal punya usaha sampingan dibalik pekerjaan utama, tapi ya begitu, semua masih rencana atau mimpi (sorry to say), but it’s true, lebih dari 50% entrepreneur wannabe yang hanya berani mengucapkan atau bercita-cita saja, tapi tidak berani untuk membuat langkah kongkrit apa yang ada di dalam angan-angannya itu.

“Tapi, saya masih bingung harus mulai dari mana pak?”

“Bisnis fashion ini kan unik, apa yang harus aku lakuin dulu pak?”

Mau tahu seluk-beluknya, silahkan isi form wishlist ini, insyaAllah CEO kami akan mengadakan Workshop mengenai “How to start to be Moslem-Fashion-Preneur”

Posted on Leave a comment

Jenis dan Macam Kain Voal

voal

Jilbab voal yang mulai ngetrend pada awal tahun 2017, dan secara mengejutkan atau diluar prediksi bisa bertahan hingga hari ini, ternyata reaksi market sungguh luar biasa, berawal dari munculnya Japanese Voile (Voal Jepang) kemudian lahirlah jenis-jenis voal yang lain yang lebih tinggi secara kualitas, mulai dari Voal Two Tone, Dobby, hingga yang paling viral dan hype adalah Voal Ultrafine.

Kata Voal berasal dari kata Voile yang berarti jilbab / kerudung dalam Bahasa Perancis, 90% kain jenis ini dibuat dengan model jilbab square atau segi empat. Untuk lebar kain sendiri sangat bervariasi, mulai dari 115 hingga 150 cm. Berikut ini macam dan jenis-jenis voal yang bisa kami rangkum dan review.

Voal Basic

Voal Basic ini mulai muncul di tahun 2018, dikarenakan semakin berkurangnya stock Voal Jepang di market, karakter mirip dengan Voal Jepang tapi lebih lemas dan lebih tidak mudah kusut dari Voal Jepang. Dengan lebar atau bidang 115 cm, meembuat Voal Basic laris dikalangan para new comers fashionpreneur Indonesia atau untuk sekedar mulai berbisnis jilbab square.

Voal Jepang

Voal Jepang adalah salah satu pioneer lahirnya trend kain voal di Indonesia, kain yang sangat lembut nan dingin dipakai, salah satu kekurangan voal jepang yang paling kentara adalah dia sangat kaku dan mudah lecek atau kusut. Namun, dengan color chart yang beragam, produk ini masih dicari hingga detik ini, namun kenyataan di pasaran kain ini sangat sulit ditemukan.

Voal Two Tone

Dilihat dari namanya kita sudah tahu bahwa jenis voal ini mengandung 2 (dua) macam warna pada teksturnya, Voal ini sempat populer di awal tahun 2018. Karena Vanilla Hijab memproduksinya. Tidak banyak pabrik yang memproduksi kain yang dikenal sangat nyaman ini, akhirnya pada tahun 2019 ini jenis kain voal ini seakan sudah punah, karena hampir tidak ada lagi di pasaran.

Voal Dobby

Layaknya saudara kembar bagi Voal Two Tone, voal dobby juga mulai hilang dari pentas per-jilbab-an tanah air, dengan teksture yang unik (ada kotak-kotak) nya, voal ini sangat lembut dan lemas. Akhirnya banyak yang menggunakan voal ini sebagai pashmina.

Voal Ultrafine

The Legend!, betul sekali voal yang satu ini memang sudah menjadi legenda semenjak kemunculannya, hampir semua produsen busana muslim atau hijab mempunyai produk dengan bahan benang ultrafine yang lembut ini. Voal ini menjadi legenda karena dari semua unsur keinginan kustomer terpenuhi, mulai dari kualitas bahan, kenyamanan, harga, dan warna-warna soft atau pastelnya yang menggoda. Kami memprediksi setidaknya 1 – 2 tahun kedepan voal jenis ini masih bertahan.

Lihat Warna Voal Ultrafine

Voal Superfine

Seakan ingin mengikuti jejak ultrafine, akhirnya para pabrik ingin membuat produk satu level diatas ultrafine, dengan memunculkan benang superfine yang lebih soft dan halus daripada ultrafine. Superfine di pasaran yang paling terkenal adalah Sahara. Dengan harga yang lebih mahal dari ultrafine, voal superfine ini seakan masih berdiri dibelakang bayang-bayang sang kakak, voal ultrafine.

Lihat Warna Voal Superfine

Voal Ultrasatin

Produk kelas atas muncul lagi, dengan bercampur bahan silk, muncullah Voal Ultrasatin yang begitu lembut dan ada sedikit efek kilapnya, seakan menunjukkan sisi luxury nya. Merk Tryspan adalah salah satu yang paling populer dari Voal Ultrasatin.

Voal Ultrasatin Tryspan (sumber gambar)

Voal Watersplash

Voal ini baru muncul tahun 2019, dengan kelebihan yang tidak dipunyai voal yang lain, yaitu anti-air atau watersplash. Lebar voal jenis ini adalah 120 cm, 1 rol rata-rata berisikan 50 yard. Diprediksi voal jenis ini masih kalah hype dengan Voal Ultrafine karena dari segi harga masih terlalu mahal, namun juga ada yang meyakini bahwa Voal ini akan segera naik daun karena sisi keunikan anti-airnya.

Lihat harga Voal Watersplash

Sedihnya banyak brand-brand saat ini “mencuri” margin profit dengan sembarangan menamai dan mengklaim produk mereka adalah produk yang menggunakan voal jenis ultrafine (padahal pakai dibawah itu) pembeli yang tidak aware tidak tahu dan memang tidak bisa secara kasat mata membedakannya.

Posted on 2 Comments

Cara Membedakan Kain Original dan KW

Akhir-akhir ini sering kali tim kami ditanya oleh beberapa pelanggan baru, apakah kain yang dijual oleh TKM adalah original / premium atau grade rendah?. Maka dari itu kami tergelitik mencari fakta yang ada, dan sungguh mengagetkan, saat ini banyak sekali pabrikan yang mulai menjiplak kain-kain original dengan melahirkan kain kw yang secara kasat mata 90% mirip dengan kain original. Maka dari itu kami terketuk hati untuk membagikan tips bagaimana anda sebagai pembeli agar tidak sampai salah pilih terhadap kain yang akan dibeli.

Cap atau Label

Cap tidak bisa dibohongi, kenapa? karena memang pabrikan yang meniru atau menjiplak kain original tidak berani untuk totally menjiplak 100% terkait labeling dan packaging, karena memang mereka takut terkait tuntutan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) jika nanti ketahuan dan pemilik brand yang asli akan menuntut ke pengadilan. Maka dari itu mereka menyamarkan atau mempelesetkan labeling hingga menjadi mirip namun sejatinya beda. Seperti ini.

TOYOBO ORIGINAL

Tips = Jika anda ingin membeli kain, baik secara offline maupun online, minta si penjual terkait foto cap atau label dari kain yang ingin anda beli. Pedagang yang jujur insyaAllah akan memberikannya dengan senang hati.

Harga

Yang kedua terkait harga, kain original tak mungkin jatuh harga sampai 20% dari harga rata-rata. Karena memang penjual kain original itu tidak mengambil untung yang banyak, namun mereka fokus pada kuantitas penjualannya. Misal rata-rata harga Toyobo RM di pasaran adalah sekitar Rp.29.000 per yard, maka dipastikan tidak akan ada yang jual Toyobo RM dibawah 20% dari harga rata-rata atau dibawah Rp.24.000, jika ada yang jual dibawah rumus tersebut, kemungkinan besar kain yang ditawarkan ke anda adalah kain bukan original.

Tips = Jangan terkecoh dengan harga yang murah, kecuali segmen bisnis anda adalah fashion dengan harga yang terjangkau, karena sekali pembeli berekspektasi tinggi terhadap anda dan ternyata yang anda berikan tidak sesuai dengan harapan mereka, maka jangan bermimpi bisnis anda bisa tumbuh. Karena bisnis fashion terutama online adalah bisnis rekomendasi dan word of mouth.

Handfeel

Yang terakhir adalah handfeel, atau merasakan dengan panca indra anda terhadap kain yang ingin anda beli, jika penjual berkenan, mintalah potongan sample terhadap kain yang akan anda beli. Jika memang penjual mengharuskan anda membayar potongan sample yang anda minta, jangan ragu!, karena rugi sedikit di awal tidak terasa daripada ketika sudah terlanjur beli grosir / roll ternyata kain yang anda beli datang dengan ketidaksesuaian harapan anda. Uang jutaan pun dengan terpaksa melayang.

Tips = Mintalah sample untuk handfeel ke penjual, baik itu gratis (Alhamdulillah) maupun anda harus membayar potongan tersebut dan ongkos kirimnya. Namun ada juga penjual yang hanya mengirimkan sample kepada potential buyer saja, maka dari itu saran kami, perkenalkan dulu profile anda kepada penjual, hingga penjual tersebut dengan senang hati mengirimkan potongan samplenya karena menganggap anda sebagai potential buyer.

Demikian sekelumit tips dari kami, selalu kenali dan hati-hati dengan barang tiruan. Jika ada pertanyaan dan komentar, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini,

Terima Kasih.

Yusuf Kurniawan
CEO – tokokainmurah

Posted on Leave a comment

5 Brand Fashion Muslim Artis Indonesia yang Naik Daun

Fashion dan dunia keartisan adalah dua hal yang melekat satu sama lain. Sebagai pelaku industri hiburan, para artis memang dituntut untuk mampu menampilkan hal berbeda tiap harinya. Tidak heran jika masyarakat umum kerap meniru gaya berbusana para artis yang ramai mengisi televisi. Untuk itu beberapa artis melihat dunia fashion sebagai peluang untuk berbisnis, tak terkecuali fashion muslim. Berikut ini 5 brand fashion muslim artis Indonesia yang naik daun.

KIA by Zaskia Sungkar

Brand yang sudah melalangbuana hingga ke benua lain ini berdiri sejak tahun 2015 di Jakarta. Sejak memutuskan berhijab, Zaskia Sungkar yang terkenal sebagai artis sinetron dan penyanyi tersebut lantas mengembangkan diri sebagai seorang fashion designer. Brand yang namanya diambil dari nickname Zaskia ini terkenal dengan pakaian ready-to-wear yang cocok untuk dipakai sehari-hari. Harga yang terjangkau, potongan yang rapi, namun tetap tampak elegan inilah yang membuat brand KIA begitu melekat di hati masyarakat Indonesia.

L by Laudya Cynthia Bella

Mengikuti jejak Zaskia Sungkar yang adalah sahabat karibnya, kini Laudya Cynthia Bella juga terjun ke dunia fashion muslim dengan brand L by Laudya Cynthia Bella. Brand yang kini berkembang pesat di Indonesia dan Malaysia ini produknya selalu ditunggu oleh masyarakat, mulai dari scarf, dress, hingga basic manset. Material yang digunakan L by Laudya Cynthia Bella umumnya adalah katun, voal, dan satin.

DOA by Dewi Sandra

Siapa yang tak kenal Dewi Sandra? Artis senior yang dikagumi banyak orang ini juga memiliki brand fashion Muslimah bernama DOA. Nama DOA sendiri merupakan singkatan dari Dress Only for Allah. Produk yang diusung oleh brand ini adalah scraf segi empat, baik polos maupun bermotif. Menggunakan kain voal ultra fine dan motif yang mengangkat kecantikan beberapa lokasi di Indonesia membuat brand yang satu ini selalu diserbu tiap kali launching produk.

Trinycta by Nycta Gina

Artis yang dulu terkenal memerankan tokoh Jeng Kelin tersebut kini serius menggeluti bisnis scarf dengan brand bernama Trinycta. Material yang digunakan Trinycta umumnya adalah premium voal dengan ukuran syar’i yaitu 120×120 dan 140×140. Menariknya koleksi terbaru motif Trinycta terinspirasi dari alam Indonesia yang begitu memanjakan mata, mulai dari gunung, matahari, hingga laut.

Meccanism by Zaskia Adya Mecca

Brand yang terkenal dengan hashtag #hijabstreetstyle ini bukan pemain baru di industry fashion muslim Indonesia. Berkomitmen untuk terus menghadirkan pakaian yang nyaman untuk Muslimah Indonesia, Meccanism selalu menggunakan material yang ringan dan tidak membuat gerah, seperti baby terry, katun polyester, dan toyobo. Selain giat memasarkan produk secara online, brand milik Zaskia Adya Mecca ini juga telah memiliki gerai resmi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Nah setelah mengetahui 5 brand fashion muslim artis Indonesia yang naik daun, apakah Anda juga tertarik untuk berbisnis pakaian muslim? Jika Anda ingin seperti mereka tapi masih bingung mencari supplier kain yang terpercaya, silakan hubungi TKM karena kami menyediakan kain material premium dan original sama seperti yang dipakai 5 brand di atas. Yuk, berbisnis fashion muslim sekarang!

Posted on 2 Comments

3 Kain Terlaris di 2018 versi tokokainmurah

Tahun 2018 sudah berlalu dan menyisakan banyak kenangan manis dan insight data yang mengejutkan, salah satunya adalah data penjualan kami, dari puluhan jenis kain koleksi yang kami punyai, berikut 3 (tiga) kain yang mempunyai rekor penjualan terbanyak sepanjang tahun 2018 lalu.

1. Babydoll (24%)

Yupp, Cerruti Babydoll menjadi jawara kain terlaris versi tokokainmurah untuk tahun 2018, dengan kualitas import dan terbaik, membuat banyak customer melakukan repeat buying, dan warna paling banyak yang dipesan customer adalah warna hitam. Yupp, sangat cocok dibuat untuk semua jenis busana muslim.

2. Toyobo (12%)

Jawara kedua adalah si raja katun, yaitu Toyobo. Saat ini banyak sekali versi kw untuk kain gelondongannya berbentuk segi empat ini. Tak sedikit customer kami menyasar toyobo sebagai produk-produk fashion kaum adam.

3. Arabian Crepe (7%)

Muncul di tahun 2017 tak membuat “adik” dari Barbie Crepe ini minder, dengan kualitas tinggi, dia melesat mengalahkan saudara-saudara crepe nya antara lain sang “kakak” barbie crepe, mosscrepe dan wollycrepe. Kain ini dipilih customer karena harganya tengah-tengah, tak setinggi barbie crepe dan tak serendah mosscrepe.

Ingin lihat koleksi terbaru kami?

Bisa lihat disini

Posted on Leave a comment

Kenapa harga kain di TKM bisa lebih terjangkau dari yang lain?

Dari 3 (tiga) yang tahun yang lalu atau semenjak kami lahir, banyak orang bertanya-tanya kenapa harga produk kita jauh lebih terjangkau dari pada kompetitor kami yang lain.

“Kain kualitas ori kok murah, jangan-jangan menipu”

Berikut kami jelaskan 3 (tiga) faktor yang menyebabkan harga produk kami sangat terjangkau.

1. Biaya Pegawai.

Normalnya, biaya pegawai adalah sekitar 20% dari total expense sebuah bisnis. Kami benar-benar ingin efektif tentang masalah ini, sebisa mungkin kami lakukan sendiri, atau jangan sampai ada fix cost alias kita hire pegawai freelance atau kontrak agar tidak membawa beban kepada keuangan kami. Sampai saat ini total pegawai kami sekitar tidak lebih dari 5 (lima) orang saja.

2. Biaya Sewa Tempat

Bisnis konvensional tak luput dari kewajiban untuk punya tempat sendiri, namun kami berfikir lain, dengan berkembangnya bisnis daring, trus masyarakat semakin naik ketika berbelanja online. Kami menekan biaya sewa tempat dengan bekerja sama dengan supplier yang lain untuk menempati centralize-warehouse. Jadi kami bisa leluasa berkirim barang dari gudang terpusat tersebut via kargo (Alhamdulillah saat ini ekspedisi di Indonesia mempunyai harga yang mulai terjangkau).

Bagaimana dengan orang / customer yang ingin melihat secara langsung untuk handfeel dan liat warna-warna kain ?

Good question, kami tetap mempunyai tempat untuk itu, tapi tidak di tempat di pusat kota atau pasar atau tempat-tempat strategis lainnya. Kami membuka showroom untuk handfeel dan color matching di sebuah rumah di perumahan dan berada di pinggiran kota metropolitans Surabaya. (Walaupun saat ini ada beberapa co-working space yang membuat kami tertarik untuk berkerja sama).

Dan beberapa saat yang lalu pun kami meluncurkan program Sample Selling, yes, saat ini kami menjual potongan kain untuk handfeel. Dan anda bisa membelinya via Tokopedia.

3. Misi TKM sendiri

Terakhir sekaligus poin utama alasan kenapa harga kami bisa lebih terjangkau, apa itu? Mission!

Dengan misi “Kini semua orang bisa dapat kain premium / original”, kami benar-benar ingin para fashionista, baik produsen maupun konsumen benar-benar bisa merasakan luxury feel kain-kain pilihan kami.

4 (empat) tahun lalu atau sebelum kami mendirikan TKM, bisnis utama kami adalah produksi sepatu & baju muslim. Jadi kami juga merasakan betapa vital nya peran bahan baku untuk para produsen dan konsumen.

Posted on Leave a comment

Surat Perjanjian Kerja Sama Dengan Konveksi / Penjahit

draft perjanjian

Saat ini bisnis fashion di Indonesia makin menggeliat,
Dimulai dengan kisah suksesnya BerryBenka, Si•Se•Sa, hingga VanillaHijab,
Sungguh memukau mata semua orang,

Dengan modal minim, siapapun bisa memulai bisnis yang paling banyak digandrungi kaum hawa ini,
Kini, ratusan bahkan ribuan orang berlomba-lomba mendirikan brand fashion sendiri,
Sembari berdoa dan berharap bisa membuntuto kesuksesan seperti brand besar diatas.

Cukup dengan berbekal smartphone, kita bisa memulai itu semua,
Bahan-bahan mulai dari kain, model, warna dan sebagainya kita bisa cari sekejap mata di internet,
Model atau foto kita tinggal googling, pinterest atau jika ada bakat desain bisa langsung gambar,
Tinggal apa?
Yes, partner penjahit!

Ini yang sering dan paling di keluhkan semua orang yang menggeluti bisnis ini,
karena memang jodoh itu tidak mudah dicari.
hampir lebih dari 50% para fashionpreneur pernah bergonta-ganti pasangan / partner produksi.
Mulai dari alasan profesionalitas, kualitas bahkan sampai penipuan.

Maka dari itu, kami yang sudah bertahun-tahun bergelut di bisnis ini ingin memberi solusi dari masalah tersebut,
dan kami harap bisa menjadi senjata efektif bagi para pengusaha untuk saling bekerjasama.
Ya, Surat Perjanjian Kerja Sama Produksi!
Inilah dokumen paling penting ketika kita berpartner dengan teman-teman konveksi atau penjahit.
Dokumen yang mengikat, baik secara moral maupun hukum.
Dokumen yang bisa dijadikan pegangan amanah bagi kita maupun teman-teman konveksi / penjahit untuk saling percaya.
Dan dokumen yang bisa dijadikan alat bukti kita di pengadilan jika (Naudzubillah) kita terkena cidera janji dari partner kita.

Terdiri dari rangkap dua, masing-masing terdapat 7 halaman dan 13 Pasal yang mengatur proses kerja sama kita.
Mulai dari Lingkup Kerja Sama, Hak dan Kewajiban, Sanksi, dan lainnya.

Tunggu apa lagi?

Anda tak perlu sewa ahli hukum atau notaris untuk membuatkannya!

draft perjanjian

Mau?

Bisa disini

Posted on 1 Comment

Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar, Kerudung, Niqab, Burqa dan Cadar

Alhamdulillah, dalam kurun 1 dekade ini banyak orang Islam / Muslimah yang mulai sadar akan wajibnya menutup aurat mereka, dengan seiring waktu mau tak mau industri fashion mulai muncul dan berkembang. Saat ini tidak sedikit brand-brand fashion muslimah asal Indonesia yang mulai Go-Internasional, maka dari itu banyak orang yang melirik lahan basah ini, mulai jadi produsen gamis, jilbab, khimar, niqab, burqa, dan lainnya. Tapi tahukah anda perbedaan dari masing-masing itu?

Mari kita bahas satu per satu.

 

1. HIJAB

Hijab berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata حجاب yang berarti “penghalang”. Namun dalam istilah yang dipakai oleh banyak kaum muslim, hijab sendiri lebih merujuk pada tata cara berpakaian yang pantas dan menutup aurat sesuai syariat agama. Sebagian orang berpendapat bahwa setiap Jilbab adalah Hijab. Tetapi tidak semua Hijab itu Jilbab. Seperti dijelaskan di atas, Hijab berasal dari kata hajaban yang secara umum artinya menutupi sesuatu. Bisa berupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, atau aling-aling lainnya.

2. JILBAB

Jilbab adalah gamis longgar yang dijulurkan ke seluruh badan hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh seperti tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”. Jilbab juga biasanya menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, kaki dan wajah.

3. KERUDUNG

Hampir mirip dengan Khimar, namun kerudung tidak dianjurkan dalam Islam. Sebab, desain kerudung hanya sebagai penutup kepala saja dan tidak cukup panjang untuk menutupi dada, leher serta lekuk tubuh pemakainya.

4. KHIMAR

Khimar, atau dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah Khumur, adalah kain yang menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala hingga seluruh dada tertutupi.

5. NIQAB

Adalah hijab yang menutupi kepala dan hampir seluruh bagian wajah, kecuali mata. Niqab cukup panjang untuk menutupi leher, muka dan dada.

6. BURQA

Burqa mirip dengan Niqab, namun nyaris menutupi seluruh bagian wajah termasuk mata. Biasanya pada bagian mata terdapat kain yang memiliki lubang kecil untuk melihat.

 

Referensi : Kumparan.com & Blog atikahsyazwani98