Posted on 1 Comment

Cara Membedakan Kain Original dan KW

Akhir-akhir ini sering kali tim kami ditanya oleh beberapa pelanggan baru, apakah kain yang dijual oleh TKM adalah original / premium atau grade rendah?. Maka dari itu kami tergelitik mencari fakta yang ada, dan sungguh mengagetkan, saat ini banyak sekali pabrikan yang mulai menjiplak kain-kain original dengan melahirkan kain kw yang secara kasat mata 90% mirip dengan kain original. Maka dari itu kami terketuk hati untuk membagikan tips bagaimana anda sebagai pembeli agar tidak sampai salah pilih terhadap kain yang akan dibeli.

Cap atau Label

Cap tidak bisa dibohongi, kenapa? karena memang pabrikan yang meniru atau menjiplak kain original tidak berani untuk totally menjiplak 100% terkait labeling dan packaging, karena memang mereka takut terkait tuntutan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) jika nanti ketahuan dan pemilik brand yang asli akan menuntut ke pengadilan. Maka dari itu mereka menyamarkan atau mempelesetkan labeling hingga menjadi mirip namun sejatinya beda. Seperti ini.

TOYOBO ORIGINAL

Tips = Jika anda ingin membeli kain, baik secara offline maupun online, minta si penjual terkait foto cap atau label dari kain yang ingin anda beli. Pedagang yang jujur insyaAllah akan memberikannya dengan senang hati.

Harga

Yang kedua terkait harga, kain original tak mungkin jatuh harga sampai 20% dari harga rata-rata. Karena memang penjual kain original itu tidak mengambil untung yang banyak, namun mereka fokus pada kuantitas penjualannya. Misal rata-rata harga Toyobo RM di pasaran adalah sekitar Rp.29.000 per yard, maka dipastikan tidak akan ada yang jual Toyobo RM dibawah 20% dari harga rata-rata atau dibawah Rp.24.000, jika ada yang jual dibawah rumus tersebut, kemungkinan besar kain yang ditawarkan ke anda adalah kain bukan original.

Tips = Jangan terkecoh dengan harga yang murah, kecuali segmen bisnis anda adalah fashion dengan harga yang terjangkau, karena sekali pembeli berekspektasi tinggi terhadap anda dan ternyata yang anda berikan tidak sesuai dengan harapan mereka, maka jangan bermimpi bisnis anda bisa tumbuh. Karena bisnis fashion terutama online adalah bisnis rekomendasi dan word of mouth.

Handfeel

Yang terakhir adalah handfeel, atau merasakan dengan panca indra anda terhadap kain yang ingin anda beli, jika penjual berkenan, mintalah potongan sample terhadap kain yang akan anda beli. Jika memang penjual mengharuskan anda membayar potongan sample yang anda minta, jangan ragu!, karena rugi sedikit di awal tidak terasa daripada ketika sudah terlanjur beli grosir / roll ternyata kain yang anda beli datang dengan ketidaksesuaian harapan anda. Uang jutaan pun dengan terpaksa melayang.

Tips = Mintalah sample untuk handfeel ke penjual, baik itu gratis (Alhamdulillah) maupun anda harus membayar potongan tersebut dan ongkos kirimnya. Namun ada juga penjual yang hanya mengirimkan sample kepada potential buyer saja, maka dari itu saran kami, perkenalkan dulu profile anda kepada penjual, hingga penjual tersebut dengan senang hati mengirimkan potongan samplenya karena menganggap anda sebagai potential buyer.

Demikian sekelumit tips dari kami, selalu kenali dan hati-hati dengan barang tiruan. Jika ada pertanyaan dan komentar, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini,

Terima Kasih.

Yusuf Kurniawan
CEO – tokokainmurah

1 thought on “Cara Membedakan Kain Original dan KW

  1. Terimakasih artikelnya sangat membantu.
    https://seragamfirst.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *