Posted on 1 Comment

Jenis dan Macam Kain Voal

voal

Jilbab voal yang mulai ngetrend pada awal tahun 2017, dan secara mengejutkan atau diluar prediksi bisa bertahan hingga hari ini, ternyata reaksi market sungguh luar biasa, berawal dari munculnya Japanese Voile (Voal Jepang) kemudian lahirlah jenis-jenis voal yang lain yang lebih tinggi secara kualitas, mulai dari Voal Two Tone, Dobby, hingga yang paling viral dan hype adalah Voal Ultrafine.

Kata Voal berasal dari kata Voile yang berarti jilbab / kerudung dalam Bahasa Perancis, 90% kain jenis ini dibuat dengan model jilbab square atau segi empat. Untuk lebar kain sendiri sangat bervariasi, mulai dari 115 hingga 150 cm. Berikut ini macam dan jenis-jenis voal yang bisa kami rangkum dan review.

Voal Basic

Voal Basic ini mulai muncul di tahun 2018, dikarenakan semakin berkurangnya stock Voal Jepang di market, karakter mirip dengan Voal Jepang tapi lebih lemas dan lebih tidak mudah kusut dari Voal Jepang. Dengan lebar atau bidang 115 cm, meembuat Voal Basic laris dikalangan para new comers fashionpreneur Indonesia atau untuk sekedar mulai berbisnis jilbab square.

Voal Jepang

Voal Jepang adalah salah satu pioneer lahirnya trend kain voal di Indonesia, kain yang sangat lembut nan dingin dipakai, salah satu kekurangan voal jepang yang paling kentara adalah dia sangat kaku dan mudah lecek atau kusut. Namun, dengan color chart yang beragam, produk ini masih dicari hingga detik ini, namun kenyataan di pasaran kain ini sangat sulit ditemukan.

Voal Two Tone

Dilihat dari namanya kita sudah tahu bahwa jenis voal ini mengandung 2 (dua) macam warna pada teksturnya, Voal ini sempat populer di awal tahun 2018. Karena Vanilla Hijab memproduksinya. Tidak banyak pabrik yang memproduksi kain yang dikenal sangat nyaman ini, akhirnya pada tahun 2019 ini jenis kain voal ini seakan sudah punah, karena hampir tidak ada lagi di pasaran.

Voal Dobby

Layaknya saudara kembar bagi Voal Two Tone, voal dobby juga mulai hilang dari pentas per-jilbab-an tanah air, dengan teksture yang unik (ada kotak-kotak) nya, voal ini sangat lembut dan lemas. Akhirnya banyak yang menggunakan voal ini sebagai pashmina.

Voal Ultrafine

The Legend!, betul sekali voal yang satu ini memang sudah menjadi legenda semenjak kemunculannya, hampir semua produsen busana muslim atau hijab mempunyai produk dengan bahan benang ultrafine yang lembut ini. Voal ini menjadi legenda karena dari semua unsur keinginan kustomer terpenuhi, mulai dari kualitas bahan, kenyamanan, harga, dan warna-warna soft atau pastelnya yang menggoda. Kami memprediksi setidaknya 1 – 2 tahun kedepan voal jenis ini masih bertahan.

Lihat Warna Voal Ultrafine

Voal Superfine

Seakan ingin mengikuti jejak ultrafine, akhirnya para pabrik ingin membuat produk satu level diatas ultrafine, dengan memunculkan benang superfine yang lebih soft dan halus daripada ultrafine. Superfine di pasaran yang paling terkenal adalah Sahara. Dengan harga yang lebih mahal dari ultrafine, voal superfine ini seakan masih berdiri dibelakang bayang-bayang sang kakak, voal ultrafine.

Lihat Warna Voal Superfine

Voal Ultrasatin

Produk kelas atas muncul lagi, dengan bercampur bahan silk, muncullah Voal Ultrasatin yang begitu lembut dan ada sedikit efek kilapnya, seakan menunjukkan sisi luxury nya. Merk Tryspan adalah salah satu yang paling populer dari Voal Ultrasatin.

Voal Ultrasatin Tryspan (sumber gambar)

Voal Watersplash

Voal ini baru muncul tahun 2019, dengan kelebihan yang tidak dipunyai voal yang lain, yaitu anti-air atau watersplash. Lebar voal jenis ini adalah 120 cm, 1 rol rata-rata berisikan 50 yard. Diprediksi voal jenis ini masih kalah hype dengan Voal Ultrafine karena dari segi harga masih terlalu mahal, namun juga ada yang meyakini bahwa Voal ini akan segera naik daun karena sisi keunikan anti-airnya.

Lihat harga Voal Watersplash

Sedihnya banyak brand-brand saat ini “mencuri” margin profit dengan sembarangan menamai dan mengklaim produk mereka adalah produk yang menggunakan voal jenis ultrafine (padahal pakai dibawah itu) pembeli yang tidak aware tidak tahu dan memang tidak bisa secara kasat mata membedakannya.

1 thought on “Jenis dan Macam Kain Voal

  1. Materinya sangat bagus dan tepat untuk soapa saja yg mau berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *