Posted on Leave a comment

Kenapa harga kain di TKM bisa lebih terjangkau dari yang lain?

Dari 3 (tiga) yang tahun yang lalu atau semenjak kami lahir, banyak orang bertanya-tanya kenapa harga produk kita jauh lebih terjangkau dari pada kompetitor kami yang lain.

“Kain kualitas ori kok murah, jangan-jangan menipu”

Berikut kami jelaskan 3 (tiga) faktor yang menyebabkan harga produk kami sangat terjangkau.

1. Biaya Pegawai.

Normalnya, biaya pegawai adalah sekitar 20% dari total expense sebuah bisnis. Kami benar-benar ingin efektif tentang masalah ini, sebisa mungkin kami lakukan sendiri, atau jangan sampai ada fix cost alias kita hire pegawai freelance atau kontrak agar tidak membawa beban kepada keuangan kami. Sampai saat ini total pegawai kami sekitar tidak lebih dari 5 (lima) orang saja.

2. Biaya Sewa Tempat

Bisnis konvensional tak luput dari kewajiban untuk punya tempat sendiri, namun kami berfikir lain, dengan berkembangnya bisnis daring, trus masyarakat semakin naik ketika berbelanja online. Kami menekan biaya sewa tempat dengan bekerja sama dengan supplier yang lain untuk menempati centralize-warehouse. Jadi kami bisa leluasa berkirim barang dari gudang terpusat tersebut via kargo (Alhamdulillah saat ini ekspedisi di Indonesia mempunyai harga yang mulai terjangkau).

Bagaimana dengan orang / customer yang ingin melihat secara langsung untuk handfeel dan liat warna-warna kain ?

Good question, kami tetap mempunyai tempat untuk itu, tapi tidak di tempat di pusat kota atau pasar atau tempat-tempat strategis lainnya. Kami membuka showroom untuk handfeel dan color matching di sebuah rumah di perumahan dan berada di pinggiran kota metropolitans Surabaya. (Walaupun saat ini ada beberapa co-working space yang membuat kami tertarik untuk berkerja sama).

Dan beberapa saat yang lalu pun kami meluncurkan program Sample Selling, yes, saat ini kami menjual potongan kain untuk handfeel. Dan anda bisa membelinya via Tokopedia.

3. Misi TKM sendiri

Terakhir sekaligus poin utama alasan kenapa harga kami bisa lebih terjangkau, apa itu? Mission!

Dengan misi “Kini semua orang bisa dapat kain premium / original”, kami benar-benar ingin para fashionista, baik produsen maupun konsumen benar-benar bisa merasakan luxury feel kain-kain pilihan kami.

4 (empat) tahun lalu atau sebelum kami mendirikan TKM, bisnis utama kami adalah produksi sepatu & baju muslim. Jadi kami juga merasakan betapa vital nya peran bahan baku untuk para produsen dan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *