Posted on 6 Comments

Tips Memilih Konveksi / Penjahit Terpercaya

Lima tahun terakhir adalah era sedang ramai-ramainya bisnis produksi baju. Terutama untuk segmen clothing busana muslim.

Gamis, Jilbab dan semacamnya sedang lagi naik daun. Berawal dari suksesnya brand terkenal seperti Si.Se.Sa, VanillaHijab dan lainnya, Semua orang berlomba-lomba untuk mencoba peruntungan di ceruk market tersebut.

Cukup bermodalkan pengetahuan yang update mengenai model apa yang lagi trend sekarang dan jenis kain apa yang sering dipakai, dan tinggal mencari jasa penjahit atau konveksi, Maka otomatis lini produksi sudah selesai, nanti tinggal buat akun instagram, posting, hashtag yang tepat, kalau ada budget tinggal boosting dengan Ads, maka bisnis clothing anda sudah bisa officially launched.

Namun, sisi produksi tidaklah semudah yang dibayangkan, banyak kendala-kendala yang dihadapi. Dan seringkali curhatan customer-customer kami yang notabene sudah banyak yang punya brand sendiri, adalah kendala Bagaimana Memilih Konveksi & Penjahit Yang Terpercaya.

Kenapa? Karena menurut wawancara kami kepada sebagian mereka, banyak penjahit yang seringkali over-confident dan over-promise di awal, bilang bisa selesai 1 minggu, tapi molor 1 bulan, bilang “gampang mbak model dan pola kayak gini” tapi setelah mengecek hasilnya, hasil jahitannya diluar harapan, dan seterusnya.

Maka dari itu, berikut tips mencari konveksi / penjahit yang terpercaya.

1. Lihat Review di Google

Dengan kecanggihan teknologi informasi dan data. Kita sangat dimudahkan. Tinggal search apa yang kita inginkan, kemudian jutaan hasilnya akan tertampil dilayar. Jadi untuk mencari penjahit, langkah pertama adalah search di Google, kemudian jika mereka sudah menggunakan Google Business, maka hasil pencariannya akan tertera di paling atas, kemudian kita tinggal melihat berapa bintang yang mereka dapatkan plus melihat review-review yang ada di Google Bisnis mereka.

Google Bisnisku

Google Bisnisku (Sumber Gambar)

2. Pergi ke showroom mereka untuk lihat hasil kualitas jahitan.

Langkah selanjutnya setelah step pertama beres adalah menelpon penjahit tersebut dan sebisa mungkin mengunjungi langsung ke lokasi (showroom atau workplace) mereka. Tujuannya adalah jelas, selain melihat seberapa besar mereka (dengan melihat fisik aset tempat mereka bekerja) sekaligus yang lebih penting adalah mengecek kualitas hasil finished goods atau portfolio yang pernah mereka kerjakan.

3. Buat Sampel

Setelah anda merasa puas di step kedua, langkah selanjutnya adalah request pembuat sample model dan desain sesuai yang kita inginkan. Hal ini sebagai verifikasi tahap akhir guna memastikan benar-benar seberapa baik kualitas yang akan kita peroleh. Cukup dengan membawakan foto atau gambar model desain yang kita inginkan, mereka akan paham dan jika ada beberapa yang butuh penjelasan mereka akan langsung menanyakannya. Pembuatan sample ini standarnya 1-2 minggu. Jadi jika sudah menerima hasil sampel dan anda merasa puas. Maka siapkan langkah pamungkas, yaitu.

4. Buat akad / kontrak kerjasama yang sangat jelas di depan / di awal.

Ini adalah step pamungkas sekaligus step paling krusial. Karena dengan kontrak yang jelas akan benar-benar bisa melindungi diri kita dari sering terjadinya ke-tidak profesionalitas- nya teman-teman konveksi / penjahit. Mulai dari :

  • Kejelasan harga (termin, konsekuensi jika pembayaran terlambat dan lainnya)
  • Waktu pengerjaan
  • Kerahasiaan desain
  • Dan tak kalah penting adalah kualitas. Serta poin-poin komitmen penting lainnya. (Butuh sekarang? Bisa anda peroleh disini)

Saran kami, jika anda memang ada budget yang cukup, sekalian sah-kan akad / kontrak kerjasama anda di hadapan notaris.

Yap, itulah langkah-langkah sekaligus tips untuk memilih konveksi / penjahit yang terpercaya. Tunggu apalagi, 4 langkah diatas bisa dieksekusi hanya dalam 2 hari.

Semoga bermanfaat.

See you on top!

TKM – Your Premium Textile Partner

6 thoughts on “Tips Memilih Konveksi / Penjahit Terpercaya

  1. Tunggu modalnya kak xixxi udah punya model dan konsep udh ada akun ig dg follower puluhan. Udah nemu konveksian udh bikin merk tinggal bikin packaging. Dan nunggu modal buat beli kain itu kak yg harus sabar. Karna masukin kain ke konveksiankan ga bisa cuma 1mtr 2 mtr 😂😂😂 doain ya kak. Udh punya ide tp msh seret di modal

    1. Hi Ibu Desi!

      Terima kasih telah memberikan komentar di artikel ini.

      Saran kami ibu tak usah bingung menunggu modal, solusinya adalah ibu membuat sistem PO (Pre-Order) atau kalau dalam Islam pakai akad Istishna.

      Jadi Ibu cukup bikin gambar desain (minimal ya) atau buat sample 1 stel ke penjahit, kemudian Ibu foto dan upload di Socmed nya. Nanti nunggu orderan (mungkin 1 lusin / 12 pcs), ibu minta DP atau langsung lunas ke calon pembeli, dan yes. Ibu bisa langsung ke konveksi untuk produksi PO tsb.

      Ada tanggapan?
      Langsung reply aja yah.

      Salam TKM

  2. Wahhh makasi banyak atas artikelnya, membantu sekali

  3. Bisa ya jahitin baju dikonveksi2 besar macam pabrik tu kak??
    Kalo bisa aq juga ada niatan bikin baju online.
    Tp konveksi mana ya kak??

    1. Kalau di pabrik besar itu syaratnya banyak, minimal order start from 10.000 pcs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *